Temu Karya relawan PMI VI

December 13, 2018

kontingen relawan PMI Batam

Jadi Relawan itu emang  gak seasik jadi karyawan kantor apalagi sekeren PNS. Mungkin itu yang ada digambaran kita ya? Eeits tapi ternyata setelah aku memilih untukmenjadi relawan PMI pikiran itu berubah. Menjadi relawan memang panggilan jiwa, jiwa yang ingin bersosialisasi, jiwa yang haus akan pengalaman, jiwa yang senang berbagi dll. Setelah gabung jadi relawan PMI aku banyak ikut acara yang berhubungan sama kegiatan PMR. Seru banget ternyata mendidik anak bangsa, generasi penerus kita untuk menjadi orang yang peka, bersosialisasi dan tentunya memiliki ilmu tentang keselamatan J.
Nah di bulan September kemarin aku dapat rejeki dan amanah untuk jadi kontingen Temu Karya Relawan Nasional di purwakarta _ jabar. Seneng? Jangan ditanya hehe bangga banget banget banget karena bisa membawa nama provinsi Kepri tercinta.  Jadi acara TKRN ini diadakan setiap 5 tahun sekali gaes. Nah TKRN yang lalu diselenggarakan di kota Malang – Jatim.  Pesertanya ternyata rame juga, total yang berangkat dari kota batam ada 22 orang yang terdiri dari berbagai macam latar belakang. Lalu akan menjadi total keseluruhan 40 orang setelah bergabung dengan relawan dari Natuna, tg balai karimun , bintan, dan tg pinang.
Perjalanan kami diawali dengan naik ferry menuju tanjung pinang untuk bertemu dengan relawan sekepri dan pelepasan oleh ketua PMI provinsi Kepri. Lalu dilanjutkan naik pesawat dan bus untuk menempuh perjalanan menuju lokasi kemah di purwakarta atau jatiluhur tepatnya. Nah setelah sampai di lokasi kita ternyata harus bangun tenda gaes. Iyes temu karya ini ternyata berlangsung 10 hari dengan konsep camping di tepi waduk jatiluhur. Asik banget kan? Udah kebayang donk sejuknya jawa barat dan indahnya sunrise untuk 10 hari ke depan.

Rangkaian kegiatannya banyak dan seru banget selama acara ini berlangsung. Tiap pagi kita sarapan bareng dilanjutkan dengan briefing untuk sosialisasi acara satu harian yang bakal dilakuin. Aku dapet kegiatan Bakti masyarakat Das citarum. Jadi kegiatan dimulai pagi hari berkumpul  di lapangan untuk naik bus menuju das citarum. Aku kebagian tugas nanempohon. Panitia membagikan pohon dan alat berkebunnya. Lalu aku bersama tim mulai menggali dan menanam pohon di sekitaran das citarum. Acara ini berlangsung sampai jam 3 sore dan dilanjutkan keesokan harinya.
Setelah acara menanam pohon dan bersih bersih das citarum aku ngerasa menjadi orang yang beda,beda gimana? Aku ngerasa ternyata dengan menjadi relawan aku bisa menjadi manusia bermanfaat. Walau yang aku lakuin belum sehebat yang dilakuin tim SAR atau Green Peace tapi ada kepuasaan batin karena bisa membantu masyarakat disekitar das citarum. Setelah rangkaian acara selesai kami pun berkumpul di pos karang taruna dan membagikan alat kebersihan ke warga sekitar das citarum yang diwakili oleh pak RT dan ketua karang taruna.

                Tanpa terasa berakhirlah acara TKRN dan kami melanjutkan acara wisata ke Bandung. Sepanjang perjalana menuju Bandung aku belum bisa lupain sensasi yang aku dapat selama mengikuti TKRN, bertemu orang-orang hebat dari seluruh Indonesia dan melakukan kegiatan bermanfaat  untuk masyarakat. Terimkasih PMI karena sudah memilih aku dan mengubah aku menjadi manusia yang lebih baik danlebih peduli pada sesama. Untuk detail jalan-jalan di Bandung aku post kapan kapan ya :) . 



You Might Also Like

0 comments