DONOR DARAH YUK! A DROP FOR HOPES

January 08, 2019




Kamu tau golongan darahmu? Hayoo pasti deh banyak yang ga tau. Sering taunya pas kamu sakit atau medical test buat tes kerja, baru deh tau golongan darahnya. Padahal ada cara nih biar gak lupa akan jenis golongan darah kita. Tinggal jadi pendonor darah aja, caranya juga gampang bisa ke markas PMI atau bisa juga ke mall-mall yang lagi ngadain acara donor darah.
Terus terus niih apa sih yang bikin kita termotivasi untuk donor? Eh banyak loh manfaat dari donor darah. Nih diresapi ya manfaat dari rajin donor darah :


  •          Lebih sehat pastinya karena darah kita terus berproduksi sel darah yang baru dan lebih sehat
  •          Kekentalan darah berkurang / menurun jadinya jantung lebih sehat gaes
  •          Zat besi yang berlebihan dapat dikeluarkan nah resiko stroke bisa turun juga loo
  •          Berat badan turun, wow cewek-cewek ngapain capek diet ? donor darah aja yuk
  •          Mendeteksi penyakit serius lebih dini kayak AIDS, Hepatitis,sifilis dan malaria
  •         Psikologi juga menjadi sehat loh karena ada kepuasan bisa menolong orang dengan darah

Gimana? Udah tertarik belum? Oke pasti sekarang pada penasaran ya gimana sih syarat pendonor darah itu? ini beberapa syarat yang kamu penuhin:
  •  Harus dalam keadaan fit ya, gak lagi demam/flu
  • Berat badan diatas 50kg
  • Tidak ada penyakit darah tinggi
  • Ada batasan usia juga nih yaitu 17 tahun – 61 tahun
  •  Untuk wanita haid dan hamil juga tidak dibolehkan donor darah yaaa
  • Tidak memiliki penyakit menular seksual


Nah berikut ini aku posting ya langkah-langkah saat donor darah. Mulai dari kita datang ke markas PMI sampai proses darah diambil.

_____________________________________
Tensi darah dulu yaa bersama mbak Uning cantik



_____________________________________________
Nah kalau tekanan darah bagus, lanjut cek HB
____________________________________________
Nah udah lolos, sekarang isi form identitas pendonor


__________________________________________
Proses pengambilan darah

__________________________________
proses pengumpulan darah
____________________________________________
Selesai deh , nah plester jangan langsung dibuka yaa


Nah beres deh proses donor darahnya, gak lama dan ga ribet. Donor darah ini bikin a ku nagih, tiap tiga bulan sekali pasti deh langsung pengen bisa buru-buru donor darah lagi. Badan beneran terasa ringan, sehat dan kebayang dengan darah yang udah kita donor itu bisa nolongin nyawa beberapa orang. Well semoga kalian bisa termotivasi untuk mulai donor darah dan ketagihan kayak aku juga yaa :)

You Might Also Like

0 comments