BESIH-BERSIH BIAR RAPIH

March 18, 2019


Pose andalan bersama tim WCD dan Dinas Lingkungan Hidup


Tepat di Minggu pagi 17 Maret 2019, aku dan tim WCD kepri turun lamgsung ke acara gotong royong di Tanjung Uma. Rangkaian acara peringatan Hari Sampah Nasional 2019 telah dilakukan mulai dari bulan Februari 2019 di Bengkong Sadai dengan bekerja sama dengan Polda Kepri.

Goro di Tj. Uma kali ini lebih seru, kenapa? Karena diikuti 800 peserta. Ada dari pemerintah kota Batam, TNI-POLRI , pihak swasta, pecinta lingkungan, pelajar dan masyarakat sekitar. Acara dimulai dengan apel pembukaan oleh Dinas Lingkungan Hidup kemudian dibagi per tim dan disebar ke lima titik.

 Area yang dibersihkan adalah area pantai Tj. Uma. Pantai ini merupakan muara dari sampah yang dibuang di parit Jodoh dan Nagoya. Acara dimulai pukul  07.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB dan dilakukan dengan sangat tertib dan lancar jaya.


Macam-macam sampah berserakan di tepi pantai, untung aku ga ketemu hati yang berserakan disini gaes


Sampah yang berhasil dikumpulkan, bentar lagi ditimbang nih



Masker, Sarung tangan dan plastik hitam bekal untuk perang


Menakjubkan! Sampah yang kita kumpulkan ternyata totalnya adalah 30 Ton. Dan paling banyak adalah sampah plastik. Teman-teman tau ga kalau sampah plastik butuh puluhan sampai ratusan tahun untuk terurai dengan tanah. Dan banyak banget mahkluk hidup di laut yang merugi karena kita sumbangin sampah plastik. 

Mereka memakan plastik-plastik yang dengan entengnya dilempar sembarangan. Lalu mereka sakit dan akhirnya mati :( . Bahkan beberapa restoran ternama sudah stop penggunaan plastik untuk mencegah makin banyaknya biota laut yang terluka.

Untuk menyemangati tim yang ikut acara GoRo, panitia juga menyiapkan hadiah lo. Nah bagi tim yang paling banyak mengumpulkan sampah plastik bernilai ekonomis bakal ditimbang di sisi panggung. Nantinya tim yang hasil timbangan sampahnya paling banyak bakal dapat hadiah menarik.




Salah satu tim yang menang dan dapat reward. Selamat PT. EPSON!
30 Ton sampah siap menuju TPA




Sebelum GoRo

Sesudah GoRo, woohooo mirip hawai yah?

Kedepannya besar harapan saya, harapan kami semua, teman-teman dapat lebih sadar akan pentignya menjaga alam. Salah satunya dengan menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarang dan mengurangi penggunan plastik dan stereofoam. 

Ayo sayangi bumi karena bumi tempat anak cucu kita tempati nanti, semoga selalu asri.

You Might Also Like

10 comments

  1. warbiasyahh lingkungan aja dibersihin, apalagi rumahnya hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya rumahnya enggak lah, soalnya bersiin sendirian wkwkwkk suruh go clean aja 🤣🤣

      Delete
  2. Salut sama pasukan berbaju oren, apalagi yg poto sendirian, rajinnya dapet, posenya jugak

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Epson paling keceh sih kemarin ndi, nyumbang galon buanyak banget

      Delete
    2. aku harus berbangga hati sebagai alumni hahahaha

      Delete
  4. sebagian masyarakat terkadang menyepelekan hal2 yang kecil tapi sebenarnya penting, seperti kebersihan lingkungan sekitar, masih ada masyarakat yg membuang sampah sembarangan dilingkungan rumah, dan ada lagi dibeberapa tempat wisata juga .. padahal sudah tau dampak nya nanti seperti apa.. mudah2 an masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan ..

    ReplyDelete
  5. Acaranya positif 😊 semoga masyarakat Indonesia sadar akan pentingnya kebersihan

    ReplyDelete
  6. wahhhhh keren nih, semoga banyak acara2 begini yaa kak vit. jadi pda sayang sama lingkungan sendiri :*

    ReplyDelete