Sebelum melangkah untuk nikah

March 12, 2019

Image result for life of marriage



Yakin sudah siap nikah? Atas dasar apa kamu menjawab sudah siap?. Tulisanku kali ini bukan bikin kalian ragu atau bahkan takut untuk nikah tapi supaya ada gambaran seperti apa sih yang dilakukan sebelum mengatakan hayuhhh kawin.


 1.      Usia Ideal
Idealnya untuk perempuan menurut BKKBN adalah diusia 21 tahun dan lelakinya diusia 25 tahun. Usia ini dianggap sudah matang baik fisik maupun psikis. Untuk wanita terutama mengenai alat reproduksinya  harus siap untuk dibuahi dan membesarkan bayi di dalam kandungan. Ketika ala reproduksi telah matang dan siap wanita akan terhindar berbagai penyakit terutama kanker serviks dan tentunya juga mencegah jumlah kematian ibu dan bayi selama masa kehamilan.  Usia lelaki di 25 tahun telah matang terutama psikis, karena laki-laki ya tetaplah laki-laki mau usia berapapun isi kepalanya hanya main. Main game, main futsal, traveling dll. Jadi ketika di usia matang pria sudah dapat membedakan nih mana prioritas, keluarga atau main-main.
2 2.     Pahami calon pasangan
Apa sih sebenernya persiapan untuk mengenal dan memahami calon pasangan. Seberapa lama? Nah idealnya nih watak asli lelaki akan terbuka setelah 3 bulan menjalani hubungan. Akan mulai kerasa pasangan mulai lama balas chat, mulai malas ngedate, dan tanda tanda lainnya yang berbeda banget sama manisnya doi ketika pdkt. Kalau kamu sudah yakin dengan pasangan nah sekarang saatnya mengajukan hal terpenting dalam pernikahan nantinya. Apa aja kira-kira yang akan kita tanyain? Aku coba bikin list yah?
1.      Setelah lamaran berapa lama persiapan kita untuk ngurus nikahan?
2.      Setelah nikah aku masih pengen kerja , ga masalah kan?
3.      Setelah nikah pengen langsung/nunda punya anak?
4.      Setelah nikah tinggal dimana?
5.      Berapa uang yang boleh dikasih ke keluarga?
6.      Berapa persen penyisihan uang untuk dana darurat/tabungan/investasi?
7.      Kalau aku hamil siap Menuhin ngidamnya aku kan?
8.      Me time aku tiap bulan / tiap minggu sekian jam oke?
9.      Lahiran cesar/normal ga masalah kan?
-. -   Siap gak bantuin begadang, ganti popok dan mandiin anak?
1-.  Kerjaan rumah dibagi dua ga masalah kan?
Dan pertanyaan lainnya, sebenernya masih banyaak lagi pertanyaan lain yang lumayan bikin kamu bisa nilai pasangan, tapi yang aku tulis itu yang penting dan utama terjadi dikehidupan rumah tangga.
3  3.   Alasan utama pengen nikah
Apa sih yang bikin kamu semangat nikah? Apa karena panas liat postingan mantan? Postingan temen? Panas dan gerah ditanyain temen dan keluarga? Atau emang udah ngerasa dia orangnya , ini saatnya? Tahukah kamu saat setahun dua tahun berselang kamu bakal ngeliat aslinya pasangan? Sudah siapkah kamu hidup bersama orang yang sama sampai kamu tua?
Intinya adalah ketika kamu menjalin hubungan, apa yang kamu rasain? Banyak sedih atau banyak seneng? Merasa dicintai atau mencintai?. Yakinkan dulu diri kamu yaa, jangan hanya selalu diteror kapan nikah kapan nikah kapan nikaaaaah? Lalu kamu mengambil keputusan sekejap mata.
Nikah adalah ibadah. Yesss bener aku setuju kok dengan pernyataan ini, tapiii nikah adalah ibadah paling sulit, paling berat. Kalau puasa kamu jalanin dari pagi ke mahrib, lah kalau nikah? Dari detik kamu ijab sampai maut memisahkan. Yang suami harus menafkahi dan membimbing anak istri, yang istri harus siap melayani suami, menjadi bendahara rumah, menjadi koki handal, menjadi ibu yang baik dll.
Nikah bukan sekedar kamu halal lalu bisa kemana aja berduaan, nikah bukan sekedar bisa fotoan mesra lalu diposting dengan caption manja. Nikah bukan sekedar kamu bisa hamil dan melahirkan tanpa memikirkan ke depannya ngurus bayi itu gimana. Ya ngatur asi, mpasi,vaksin, belu lagi sang ibu puasa dari dunia kafe,21,konser,kongkow dan acara para single ladies lainnya.
Sudah siap kah kamu? Ketika menikah menjadi tujuan, pastikan dulu tujuanmu apa? Memuaskan keinginan orang yang terus neror atau memang merasa sudah saatnya dan siap dalam segalanya. Nikah tidak akan sesulit yang diceritakan orang kalau kita sudah tahu apa persiapannya.
So kumpulin niat, mulai diskusi sama pasangan dan lihat takdir kemana akan membawa kamu. Semua diawali dengan kesulitan lalu akan menjadi pengalaman, semoga pengalaman yang menyenangkan ya!

You Might Also Like

4 comments

  1. betul banget..nikah ibadah yang paling sulit untuk dijalankan tanpa adanya makruh, bahkan batal...eeeh emang puasa ...tapi kalo terlalu takut utk menikah karena banyak yang dipertimbangkan juga gak baik, karena kalo gak dijalani gak tau hasilnya :) tulisan yang bagus :)

    ReplyDelete